HTML’s Basic

Everyone should know how to program a computer, because it teaches you how to think!
-Steve Jobs

Hyper Text Markup Language, atau yang biasa disebut HTML telah menjadi bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu halaman web yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan “web browser” untuk menampilkan halaman web yang terdiri dari berbagai macam format tampilan seperti texs, grafik, animasi link maupun audio-video. HTML ini telah digunakan oleh banyak sekali pemula dalam hal computer programming dan web programming.

Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Ketika kita ingin menulis koding HTML, sangat dianjurkan untuk mendownload Notepad++ bagi para pemula. Seba, Notepad++ tergolog mudah, dan lebih baik lagi, Notepad++ merupakan software yang gratis.

Berikut merupakan contoh HTML yang sederhana;

5

Setiap penggunaan tag, maka kita akan membuka dengan < >, dimana ketika kita telah selesai menggunaka, untuk menutup kita akan menggunakan .

022517_1050_HTMLsBasic1.png

Lalu kita akan save koding tersebut. Klik menu, save as, lalu akan mucul save box. Kita akan mensave dengan menggunakan file name, test.html. Ketika membuat save file, semua file tersebut harus diakhiri dengan “.html”, jika tidak maka file tersebut tidak akan menjadi file html, melainkan hanyalah tulisan teks biasa. Bukan hanya itu, terkadang web browser tidak dapat membaca file tersebut apabila di dalam file name terdapat spasi, apabila ingin membuat spasi, dapat diganti dengan dash (-).

022517_1050_HTMLsBasic2.png

Setelah di save, maka klik “Run” pada bagian atas, dan pilih browser untuk di lihat hasilnya. Jika telah melakukan semua langkah diatas maka akan keluar seperti ini,

4

Selamat, sekarang kalian mengerti sedikit hal tentang HTML, seperti basic coding. Apabila kalian benar-benar ingin mengerti lebih lanjut hal tentang HTML, maka kalian bisa mengunjungi https://www.w3schools.com/html/default.asp

Leave a comment